Cara & Resep Membuat Rendang Jengkol Enak Dan tidak Bau


Rasanya bagi anda yang tinggal di wilayah indonesia sudah tidak asing dengan nama makanan yang akan saya postingkan kali ini, selain denga rasanya yang enak makanan ini juga memiliki keunikan sendiri yakni baunya yang luar biasa hehehe… tapi justru karena dengan baunya ini banyak orang yang penasaran. Dan banyak yang setelah mencoba memakan makan ini mengatakan baunya kalah dengan kenikmatannya….. jadi mereka tidak mempersoalkan  baunya jengkol ini.
Untuk menikmati makanan ini banyak sekali caranya, dari yang mentah – mentah kemudian di cocol sambel saja, sampai yang dimasaknya dengan menggunakan bumbu dan ramuan lainnya.   Oh iya dari tadi belum di sebutin namannya, namanya adalah jengkol ….  Seperti yang di jelaskan di atas banyak sekali masakan jengkol seperti semur jengkol, jengkol masak kecap, gulai jengkol dan lain sebagainya, tapi pada postingan kali ini kami hanya akan membahas dan memberikan resep rending jengkol empuk dan juga anti bau.

Pasti kalian membayankan kalau rendangkan empuk enak…? Masa iya jengkol bisa di buat seperti itu..? makannya simak terus artikel ini sampai dengan selesai dari pada penasaran dan ngga bisa tidur hehe…
Tips menghilangkan bau jengkol
Tips ini sangat sedehana sekali, akan tetapi jika anda lakukan dengan benar hasilnya akan sangat mengejutkan, anda cukup membutuhkan daun jeruk, kemudiain iris – iris daun jeruk tersebut, kemudian rebuslah jengkol tadi dengan irisan daun tersebut.
Atau bisa juga dengan cara yang kedua, tapi ini memakan waktu yang lama, karena anda harus menunggunya 1 hari sebelum di masak. Yakni anda dapat merebusnya dengan air kapur sebelum hendak mengolahnya. Cara yang demikian ternyata terbukti ampuh untuk menghilangkan bau jengkol dan hebanya tanpa menghilangkan rasa nikmat dari jengkolnya tersebut.
Setelah jengkol di rebus dengan menggunakan daun jeruk atau merendamnya dengan air kapus selesai, maka tinggal kita persiapkan alat atau bahan - bahannya.
·        Sediakan santan kental kurang lebih ½ liter
·        Daun salam cukup 2 lembar saja.
·        Kemudian jahe dan juga serai 1 saja di remukan
·        Kemudian air ¼ liter saja
·        Jangan lupa garam dan lainnya sebagai penyedap rasa
·        Minyak goreng juga jangan lupa
·        Bawang merah  dan bawang putih secukupnya
·        Cabe merah secukupnya dan buang biji dalemmnya
·        Kemudian kemiri 4buah saja
·        Kunyit jangan banyak – banyak kalau bisa di bakar
Setelah bahan sudah siap semua,selanjutnya kita ke proses pembuatan
·        karena jengkol sudah kita rendam, maka tinggal memarkan jengkol satu persatu sampai gepeng
·        kemudian panaskan minyak dan tumis bumbu kedalam wajan sampai wangi
·        kemudian masukan jengkol sedikit demi sedikit dan jangan lupa aduk terus
·        kemudian masukan air secukupnya masak lagi sampai benar – benar empuk jengkolnya
·        setelah terlihat sudah empuk maka masukan santan dan aduk aduk terus
·        kemudian yang terakhir masukan bumbu penyedap seperti garam dan lain sebagainnya.
·        Tunggu sampai matang
Demikianlah yang dapat kami berikan , semoga resep ini bisa anda coba di rumah, jangan lupa untuk terus kunjungi blog kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai resep memasak. Baca juga artikel kami yang lainnya seperti cara mudah membuat cemilan bola mie dan Cara & Resp Membuat Seblak Spesial Enak jangan lupa share yah…. terimakasih

0 Response to "Cara & Resep Membuat Rendang Jengkol Enak Dan tidak Bau"

Posting Komentar